Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Mahasiswa Agar Mudah Diterima Kerja

 “Ada yang pernah dengar nggak ya, istilah mahasiswa 3K? alias mahasiswa kampus, kost dan kantin. Menariknya mahasiswa 3K ini ternyata masih banyak banget loh ditemuin. Padahal zaman sekarang sudah canggih, gadget semakin keren, paket internet lebih terjangkau tetapi tetap saja, masih banyak ditemukan mahasiswa 3K. Makanya penting banget untuk move on”.

Kemampuan Mahasiswa

Loh kok harus move on sih? Bukannya karakter mahasiswa 3K sudah “cukup ideal”. Bener. Ideal dari segi aktivitas tetapi bukan dari segi pengembangan diri. Kebayang banget nggak sih, jika mahasiswa tersebut hanya focus kampus, kost dan kantin saja? Yang ada malah monoton dan tidak memiliki tantangan hingga pengalaman yang luas selama kuliah.

So, harus ngapain? Nah. Agar tidak menjadi mahasiswa aneh dan kesulitan mencari pekerjaan pasca lulus nanti, makanya mulai sekarang penting banget untuk mengembangkan diri dan itu dimulai dari kuliah, bukan setelahnya.

Kemampuan yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa

Berbicara tentang pengembangan diri mahasiswa pastinya tidak terlepas dengan soft skill dan hard skill. Umumnya, hard skill bisa diasah saat kuliah tetapi softskill ini yang perlu perhatian. Jika tidak dikembangakn sejak dini, maka yang ada adalah mahasiswa ‘pincang sebelah’ karena hanya mengandalkan hard skill saja.

Berikut tips pengembangan diri mahasiswa agar saat lulus, bisa mendapatkan pekerjaan yang layak atau malah bisa membuka lapangan pekerjaan baru. Apa saja itu?

Kemampuan Public Speaking

Pernah suatu ketika saya mewawancarai calon karyawan dengan IP Cumlaude dari Universitas ternama. Menariknya, calon karyawan ini hasil uji dan tes analisisnya benar-benar mengagumkan, tetapi pada saat sesi wawancara terjadi, calon karyawan ini tidak bisa menjabarkan dengan seksama apa yang ada dipikirannya. Gugup pasti iya, tetapi bukan berarti kemampuan berkomunikasi menjadi terbata-bata. Disinilah pentingnya kemampuan public speaking tersebut.

kemampuan public speaking

Di masa depan, saat dunia kerja membutuhkan calon karyawan yang sempurna, maka orang yang memiliki masalah pada public speaking akan tersingkirkan. Loh kok bisa? Jadi, public speaking sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Tujuannya untuk mengutarakan ide saat meeting, hingga menyampaikan hasil dari pekerjaan kepada rekan satu tim atau customer. Bahkan dalam level terendah dari suatu organisasi perusahaan, kemampuan public speaking ini dibutuhkan.

Kemampuan Negosiasi

Pernah nggak sih main ke pasar, terus di sana terjadi tawar menawar harga antara penjual dan pembeli. Sebelum deal, pastinya ada proses negosiasi terlebih dahulu. Ilmu negosiasi ini sebenarnya sering banget diterapkan oleh mahasiswa. Tetapi terkadang mahasiswa tersebut tidak sadar. Contohnya lagi, saat dosen memberikan tugas mata kuliah dan harus dikumpulkan sesuai deadline. Lagi-lagi terkadang selalu saja ada mahasiswa yang mengajukan ‘nego’ batas waktu pengumpulan.

Ternyata di dunia kerja nantinya, kemampuan negosiasi seperti ini sangat membantu loh. Tapi pastinya negosiasi yang memiliki tujuan dan dampak positif untuk perusahaan. Makanya mulai dari sekarang buat para mahasiswa, melatih kemampuan negosiasi dengan cara baik dan bijak adalah hal wajib.

Kemampuan Manajemen

Dalam dunia kerja, urusan ‘deadline’ atau ‘due date’ adalah angka mati. Tidak bisa ditawar lagi. Berbeda halnya dengan karakter mahasiswa yang terbiasa dengan SKS alias Sistem Kebut Semalam, pada dunia kerja kebiasaan seperti ini wajib dan harus untuk dihindari. Kenapa? Karena mahasiswa yang terbiasa dengan sistem kebut semalam sudah pasti hasilnya maksimal dan terkadang asal-asalan.

Makanya penting banget untuk mulai menghilangkan karakter ini dan mengubahnya menjadi good manajemen. Dengan semakin baik mahasiswa mengatur waktu dan menentukan skala prioritas, maka semakin terbiasa mahasiswa tersebut dalam mengontrol setiap aktivitasnya. Dampaknya adalah, jauh lebih teratur dan terhindar dari tekanan deadline.

Kemampuan Adaptif

Hampir semua user saat melakukan wawancara kerja selalu menanyakan pertanyaan pamungkas, ‘apakah kamu bisa beradaptasi dengan kondisi perusahaan saat ini? Atau pertanyaan lainnya adalah bagaimana jika rekan kerja kamu memiliki rentang usaha yang terpaut jauh? Bisa lebih tua atau lebih muda’.

Nah, bagi mahasiswa yang sudah memiliki kemampuan adaptif yang baik maka pertanyaan seperti ini jadi sangat mudah untuk mudah dijawab. Karena memang mahasiswa tersebut sudah mempersiapkan diri untuk terbiasa beradaptasi dengan berbagai situasi dan kondisi.

Tips Ampuh Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa

Jika sudah memahami terkait kemampuan mahasiswa yang nantinya dibutuhkan di dunia kerja. Tentu pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana agar bisa memiliki dan melatih kemampuan tersebut?

Jawabanya simple. Berikut tips simpel untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa:

1.     Organisasi

Berorganisasi bagi mahasiswa memberikan banyak pengalaman sekaligus membantu dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa tersebut. Pastinya dalam berorganisasi sudah melibatkan banyak orang dan banyak kepentingan sehingga kemampuan adaptif, negosiasi dan public speaking akan terlatih.

Untuk urusan manajemen waktu juga menjadi hal penting dalam berorganisasi. Bagi para peserta organisasi pastinya tidak ingin nilai akademiknya anjlok, maka pentingnya untuk memanage waktu dengan baik.

2.    Seminar

Bertemu banyak orang dengan karakter yang sesuai dengan bidang minat bisa dijumpai kala menghadiri suatu seminar. Selain menambah pengetahuan dan relasi, seminar juga memberikan gambaran atas masa depan dari ilmu yang saat ini ditekuni.

Kemampuan mahasiswa

3.    Workshop Pengembangan Diri

Workshop pengembangan diri dari para ahli dan praktisi adalah hal yang wajib untuk dilakukan jika ingin meningkatkan kemampuan diri. Ada banyak platform digital yang bisa membantu untuk pengembangan diri melalui layanan workshop secara online seperti Ruangguru, QuBisa dan lain-lain.

Melalui workshop yang bisa diakses secara online dari mana saja dan kapan saja ini, hanya bermodalkan gadget dan paket internet sehingga setiap mahasiswa bisa melakukannya. Tinggal meneguhkan niat dan segera untuk eksekusi.

So, tunggu apalagi? Jangan sampai menyesal ketika lulus nantinya. Mulai lah dari langkah kecil untuk meningkatkan kemampuan diri agar saat wisuda, sudah memiliki paket komplit. Akademik oke, kemampuan softskill pun sudah teruji. Yuk dimulai.

Komentar