Kemudahan Pengecekan dan Pembayaran Pajak Kendaraan Warga Jawa Barat

Bagi warga Jawa Barat, Pernah nggak sih merasa bingung terkait pajak. Bukan hanya sekadar taat pajak, tetapi juga bagaimana cara simple untuk cek pajak jawa barat. Apalagi bagi mereka yang saat ini berada di luar kota.

Jujur, tinggal didaerah yang beda domisili itu memang sesuatu banget. Apalagi jika kerjanya memang system rotasi dari satu daerah ke daerah lain. Meskipun di KTP adalah warga Jabar, eh domisili saat ini malah ada di Sulawesi. Nah kalau seperti ini, nggak mungkin dong urus pajak dan lainnya harus bolak-balik Jabar.

Makanya itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kita sebagai warga negara taat pajak tetap taat terutama yang memiliki kendaraan. Berikut cara agar bisa tetap update dan bayar pajak dengan taat saat berada di luar domisili.

 

Cek Pajak Kendaraan Secara Online

Cara Cek Pajak Kendaraan Jawa Barat Meskipun Beda Domisili

Urusan cek pajak kendaraan terkadang membuat hati menjadi tidak tenang. Apalagi jika sudah tidak sesuai Alamat KTP dengan Alamat domisili. Sama seperti provinsi lainnya, ternyata di Jawa Barat saat ini sudah bisa online loh. Jadi nggak perlu lagi repot-repot untuk datang ke Samsat. Tinggal lakukan pengecekan secara online.

Ada beberapa media online yang bisa digunakan untuk pengecekan pajak kendaraan bagi warga Jabar tetapi saya lebih menyarankan langsung menggunakan aplikasi e-samsat jabar atau Tokopedia. Aplikasi ini sangat membantu buat mereka yang lagi di luar kota.

Selain itu juga ada website dari Bapenda Provinsi Jawa Barat yang bertujuan untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan yang dimiliki. Website ini juga ternyata nanti bisa menjadi salah satu Solusi untuk mendapatkan kode bayar saat proses pembayaran pajak.

Intinya sih, kehadiran pengecekan pajak secara online itu bisa dan sangat membantu warga Jabar yang berada di luar provinsi Jawa Barat sendiri. Agar pajak kendaraan tetap terbayarkan serta terbebas dari Razia kendaraan yang pajaknya mati.

Cara bayar pajak online

Pembayaran Pajak Via E-Samsat Jabar

Proses pembayaran pajak via e-samsat Jabar bisa dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Pastikan sudah punya akun di e-samsat
  2. Setelah itu dapatkan kode bayar yang bisa diperoleh via aplikasi Sapawarga yang ada di Playstore maupun App Store. Selain itu, kode bayar juga bisa didapatkan pada website Bapenda Provinsi Jawa Barat.
  3. Jika sudah tinggal lakukan pembayaran dan pajak kendaraan pun sudah selesai dilakukan.

Jangan lupa setelah itu masuk kembali ke aplikasi Sapawarga untuk melakukan unduh e-SPKP.

Bayar pajak kendaraan online jawa barat


Pembayaran Pajak Via Marketplace Tokopedia

Ternyata proses pembayaran pajak warga Jawa Barat juga bisa banget loh dilakukan di marketplace Tokopedia. Caranya gampang banget tinggal ikuti tahapan berikut ini:

  1. Buka Akun Tokopedia dan pilih menu Top Up & Tagihan
  2. Selanjutnya dalam menu Top Up & Tagihan pilih semua kategori untuk menampilkan pilihan yang sesuai.
  3. Kemudian Scroll ke bawah hingga menemukan Layanan Pemerintah dan pilih menu E-samsat
  4. Dari menu E-samsat yang ada di dalam Tokopedia ini pastikan memilih Samsat JABAR dan masukkan kode bayar yang bisa diperoleh via aplikasi Sapawarga yang ada di Playstore maupun App Store. Selain itu, kode bayar juga bisa didapatkan pada website Bapenda Provinsi Jawa Barat.
  5. Setelah kode bayar maka pajak kendaraan pun sudah berhasil terbayarkan.

Penting untuk dilakukan adalah setelah proses transaksi pembayaran, maka jangan lupa untuk kembali masuk ke aplikasi Sapawarga. Di aplikasi ini ada menu bukti bayar yang nantinya digunakan untuk download e-SPKP.

So, nggak ada lagi alasan untuk tidak bayar pajak. Karena urusan pajak saat ini, bisa dilakukan dari manapun dan kapanpun. Bahkan bisa sambil rebahan. Yuk. Taat pajak.

Komentar